FAQ – Natural Fresh Water

klik salah satu link di bawah ini untuk menuju kategori pertanyaan:

Pertanyaan Umum

Most frequent questions and answers

Filter LifeStraw (LifeStraw Personal, LifeStraw Go) menggunakan mikrofiltrasi membran berpori dengan ukuran 0.2 mikron. Penyaring Lifestraw Family dan Mission menggunakan ultrafiltrasi pori-pori 0.02 mikron. Jadi saat air kotor melewati LifeStraw, mikroorganisme tersaring dan air aman untuk diminum dihasilkan. Bayangkan selang yang amat kecil dengan pori-pori yang amat sangat kecil yang memerangkap kotoran tapi bisa dilewati air. Semua produk LifeStraw tidak menggunakan bahan kimia, tidak membutuhkan pompa, dan sumber tenaga (seperti baterai).

Dengan pori-pori 0.2 mikron, LifeStraw dapat menyaring kotoran, 99,9999% bakteri dan 99,9% protozoa termasuk E. Coli, Kolera, Salmonella, Giardia, dll

Untuk LifeStraw Family, Mission, dan Community, pori-pori 0.02 mikron mampu menyaring virus yang hidup di air.

Ya, kami telah mengadakan banyak percobaan dengan sumber air yang sangat-sangat kotor dan LifeStraw dapat menghasilkan air bersih siap minum dari sumber air tersebut. Air hasil penyaringan telah mendapat sertifikasi sesuai standar WHO, US-EPA, DepKes.

Tidak, partikel garam jauh lebih kecil dibanding bakteri dan virus. LifeStraw dirancang untuk sumber air tawar seperti danau, sungai, kolam, air hujan, dan air PDAM 

Tidak, LifeStraw tidak bisa menyaring bahan kimia dan logam berat. LifeStraw aman digunakan untuk sumber-sumber air di alam bebas dimana biasanya tidak ditemukan limbah-limbah kimiawi.

LifeStraw sebaiknya tidak digunakan dengan air panas. Demikian pula untuk penyimpanan, jangan biarkan LifeStraw terus menerus berada di area dengan suhu di atas 43° C. Untuk air dingin diperbolehkan selama suhu tidak mencapai 0° C. Jika ada air di dalam pori-pori LifeStraw, suhu yang membeku akan menyebabkan air mengembang sehingga merusak filter. Jika LifeStraw Anda membeku, jangan digunakan lagi.

Produk LifeStraw tidak menggunakan bahan kimia atau suku cadang bergerak, sehingga tidak ada batas waktu kadaluarsa. Jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap serta dikeringkan sebelum disimpan, LifeStraw akan bertahan hingga habis masa pakainya.

Produk LifeStraw didesain di Swiss oleh Vestergaard, dan diproduksi di pabrik di Korea dengan teknologi modern.

lifeStraw

Most frequent questions and answers

Filter LifeStraw menggunakan mikrofiltrasi membran berpori dengan ukuran 0.2 mikron. Bayangkan selang yang amat kecil dengan pori-pori yang amat sangat kecil yang memerangkap kotoran tapi bisa dilewati air. Anda bisa mencelupkan LifeStraw ke sungai, danau, atau sumber mata air tawar lainnya, dan langsung meminum airnya tanpa dimasak.

Dengan pori-pori 0.2 mikron LifeStraw dapat menyaring kotoran, bakteri dan protozoa termasuk E. Coli, Kolera, Salmonella, Giardia, dll

Ya, LifeStraw dapat habis terpakai. LifeStraw akan otomatis berhenti bekerja bila filter sudah tidak aman untuk digunakan lagi. 

LifeStraw dijamin dapat menyaring minimal 1.000 liter air minum. Artinya, jika LifeStraw digunakan setiap hari untuk kebutuhan minum harian Anda, kurang lebih masa pakainya satu tahun. Jika Anda hanya menggunakan LifeStraw untuk kegiatan outdoor atau bepergian, LifeStraw bisa bertahan lebih dari satu tahun.

Seiring anda menggunakan LifeStraw membran berpori akan menjadi mampat dengan partikel-partikel. Apabila air sudah tidak dapat disedot, maka LifeStraw anda sudah waktunya untuk diganti. 

Ketika Anda menggunakan LifeStraw untuk pertama kalinya, atau ketika filter dalam keadaan kering setelah lama disimpan, akan butuh waktu sedikit lebih lama untuk mempersiapkan filter. Posisikan filter tercelup selama 10-30 detik sebelum penggunaan untuk membasahi membran dan mempermudah air untuk lewat. Pastikan air kotor tidak terkena ujung sedotan.

Setelah menggunakan LifeStraw, Anda dianjurkan untuk meniup untuk menggelontor air kotor keluar dari filter. Jika ada air bersih, sedotlah air bersih tersebut melalui filter dan tiup kembali. Kocok ringan beberapa kali, kemudian buka tutup kedua ujung LifeStraw dan biarkan kering di suhu ruangan. Jangan membongkar filter LifeStraw dari casingnya, dan jangan mencuci LifeStraw menggunakan sabun.

LifeStraw memerangkap bakteri dan protozoa sehingga tidak akan bisa melewati filter. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri di dalam ujung sedotan, biarkan tutup LifeStraw terbuka selama 1-2 hari hingga kering sebelum menyimpan LifeStraw Anda.

Tidak, LifeStraw tidak bisa menyaring bahan kimia, logam berat, dan air garam. LifeStraw aman digunakan untuk sumber-sumber air di alam bebas dimana biasanya tidak ditemukan limbah-limbah kimiawi.

Sebaiknya tidak. Air kolam renang biasanya mengandung klorine dan bahan kimia lainnya. LifeStraw hanya menyaring bakteri dan parasit, bukan bahan kimia.

LifeStraw tidak bisa menyaring garam dan tidak bisa digunakan untuk menyaring air laut atau air payau.

Tidak. Suhu panas dari mesin pencuci piring bisa merusak casing dan filter LifeStraw. Untuk membersihkan LifeStraw, bilas dengan air bersih dan buka tutup hingga kering.

Jika LifeStraw Anda sudah pernah digunakan, dan kemudian berada di suhu yang membeku, air yang ada di dalam pori-pori LifeStraw bisa membeku dan merusak membran filter. Jadi setelah LifeStraw digunakan, jangan biarkan LifeStraw membeku. Saat berkemah atau pergi ke tempat-tempat dingin, berhati-hatilah supaya LifeStraw tidak membeku.

Ya, LifeStraw terbuat dari bahan bebas BPA dan memenuhi standar FDA Amerika Serikat.

LifeStraw Go

Most frequent questions and answers

Filter LifeStraw Go menggunakan mikrofiltrasi membran berpori dengan ukuran 0.2 mikron. Bayangkan selang yang amat kecil dengan pori-pori yang amat sangat kecil, sehingga bakteri dan parasit terperangkap di luar dan air bersih yang lewat. Dengan LifeStraw Go, Anda tinggal mengisi botol dengan air mentah, dan minum melalui sedotan.

Dengan pori-pori 0.2 mikron, LifeStraw Go dapat menyaring kotoran, 99,9999% bakteri dan 99,9% protozoa termasuk E. Coli, Kolera, Salmonella, Giardia, dll

LifeStraw Go dijamin dapat menyaring minimal 1.000 liter air minum. Artinya, jika LifeStraw Go digunakan setiap hari untuk kebutuhan minum harian Anda, kurang lebih masa pakainya satu tahun. Jika Anda hanya menggunakan LifeStraw Go untuk kegiatan outdoor atau bepergian, filter LifeStraw Go bisa bertahan lebih dari satu tahun.

Seiring anda menggunakan LifeStraw Go membran berpori akan menjadi mampat dengan partikel-partikel. Apabila air sudah tidak dapat disedot, maka sudah waktunya untuk mengganti filter. Anda bisa memperpanjang usia filter dengan rutin meniup filter LifeStraw Go setelah penggunaan.

Ya, Anda bisa mengganti filternya saja dan botol Go bisa digunakan kembali.

Ketika Anda menggunakan LifeStraw Go untuk pertama kalinya, atau ketika filter dalam keadaan kering setelah lama disimpan, akan butuh waktu sedikit lebih lama untuk mempersiapkan filter. Posisikan filter tercelup selama 10-30 detik sebelum penggunaan untuk membasahi membran dan mempermudah air untuk lewat. Pastikan air kotor tidak terkena ujung sedotan.

Setelah menggunakan LifeStraw Go, bukalah tutup botol dan tiuplah melalui sedotan hingga air kotor mengalir keluar dari filter Jika ada air bersih, sedotlah air bersih tersebut melalui filter dan tiup kembali. Biarkan filter kering di suhu ruangan. Botol Go dan tutupnya boleh dicuci seperti biasa. Jangan mencuci filter dengan sabun.

LifeStraw Go memerangkap bakteri dan protozoa sehingga tidak akan bisa melewati filter. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri di dalam ujung sedotan, biarkan tutup LifeStraw Go terbuka selama 1-2 hari hingga kering sebelum penyimpanan.

Tidak, LifeStraw Go tidak bisa menyaring bahan kimia, logam berat, dan air garam. LifeStraw Go aman digunakan untuk sumber-sumber air di alam bebas dimana biasanya tidak ditemukan limbah-limbah kimiawi.

LifeStraw Go tidak bisa menyaring garam dan tidak bisa digunakan untuk menyaring air laut atau air payau. 

Jika LifeStraw Anda sudah pernah digunakan, dan kemudian berada di suhu yang membeku, air yang ada di dalam pori-pori LifeStraw bisa membeku dan merusak membran filter. Jadi setelah LifeStraw digunakan, jangan biarkan LifeStraw membeku. Saat berkemah atau pergi ke tempat-tempat dingin, berhati-hatilah supaya LifeStraw tidak membeku.

Ya, LifeStraw Go terbuat dari bahan bebas BPA dan memenuhi standar FDA Amerika Serikat.

LifeStraw Go 2 memiliki penyaringan 2 tahap: membran berpori yang menyaring 99,9999% bakteri dan 99,9% parasit dan karbon aktif yang menyaring beberapa bahan kimia seperti klorin. LifeStraw Go menggunakan membran berpori saja, tanpa karbon aktif.

LifeStraw Go hanya tersedia satu warna biru saja. LifeStraw Go 2 tersedia dalam beberapa warna: pink, ungu, hitam dan hijau

Filter membran berpori LifeStraw Go bisa menyaring 1.000 liter air, sedangkan kapsul karbon bisa menyaring 100 liter air. Kapsul karbon sebaiknya diganti setiap 3 bulan sekali.

Ya, filter dan kapsul karbon pengganti bisa dibeli di Tirta Buana Lestari.

LifeStraw Mission

Most frequent questions and answers

Filter LifeStraw Mission menggunakan ultrafiltrasi membran berpori dengan ukuran 0.02 mikron, sehingga dapat menyaring bakteri, protozoa, dan virus dari air. Air penyaringan memenuhi standar air minum US EPA dan DepKes.

Dengan ultrafiltrasi membran berpori 0.02 mikron, LifeStraw Mission menghilangkan 99.9999% bakteri, 99.999% virus, dan 99.99% protozoa yang ada dalam air.

LifeStraw Mission bisa menyaring air hingga 18.000 liter.

Seiring anda menggunakan LifeStraw Mission, aliran air akan semakin lamnat dan akhirnya berhenti mengalir saat sudah habis kapasitasnya. Anda bisa memperpanjang usia filter dengan rutin membersihkan LifeStraw Mission setelah penggunaan (lihat cara pembersihan dan penggelontoran di Panduan Penggunaan)

Ya, Anda bisa mengganti prefilter LifeStraw Mission. 

Ketika Anda menggunakan LifeStraw Mission untuk pertama kalinya, atau ketika filter dalam keadaan kering setelah lama disimpan, akan butuh waktu sedikit lebih lama untuk mempersiapkan filter. Isilah kantong dengan air, buka keran merah selama 3 detik supaya air bisa lewat. Tutup keran merah dan diamkan selama 1 menit. Kemudian buka keran air biru. Jika filter sudah basah, aliran air akan lebih kencang. Perhatikan: air dari keran merah adalah air kotor yang tidak boleh dikonsumsi. Jika Anda masih mengalami kesulitan, pastikan keran merah dan biru tertutup, dan remas pompa hingga benar-benar kempes. Kemudian buka keran merah selama 3 detik. Proses ini akan mengeluarkan udara yang tersangkut di dalam filter. Tutup keran merah, dan biarkan pompa terisi dengan air, kemudian buka kembali keran biru. 

Setelah menggunakan LifeStraw Mission, bersihkan pre-filter di dalam kantong dan bilaslah kantong. Dengan kedua kran dalam keadaan tertutup, remas pompa 3 kali. Setiap kalinya, pastikan pompa benar-benar kempes dan terisi sepenuhnya. Kemudian, buka keran merah dan biarkan semua air keluar dari filter. Perhatikan: air dari keran merah adalah air kotor yang tidak boleh dikonsumsi. Lepaskan katup untuk memisahkan kantong dengan filter dan biarkan semua bagian kering sebelum penyimpanan.

LifeStraw Mission didesain untuk kegiatan mendaki, camping, bepergian, dan aktivitas outdoor lainnya. Alat ini hanya akan menyaring bakteri, virus, dan parasit di air. LifeStraw Mission tidak bisa menyaring bahan kimia, logam berat, atau garam.  

LifeStraw Mission tidak bisa menyaring garam dan tidak bisa digunakan untuk menyaring air laut atau air payau. 

Jika LifeStraw Mission Anda sudah pernah digunakan, dan kemudian berada di suhu yang membeku, air yang ada di dalam pori-pori LifeStraw bisa membeku dan merusak membran filter. Jadi setelah LifeStraw digunakan, jangan biarkan LifeStraw membeku. Saat berkemah atau pergi ke tempat-tempat dingin, berhati-hatilah supaya LifeStraw tidak membeku.

LifeStraw Steel

Most frequent questions and answers

LifeStraw Steel memiliki 2 tahap penyaringan. Kapsul karbon aktif menghilangkan beberapa bahan kimia seperti klorin dan membran berpori menyaring 99,9999% bakteri dan 99,9% parasit.

LifeStraw Steel bisa menyaring 1.000 liter air, dan kapsul karbon sebaiknya diganti setiap 3 bulan sekali.

LifeStraw Steel didesain untuk pendaki, kemping, dan aktivitas outdoor lainnya. LifeStraw Steel menyaring 99,9999% bakteri dan 99,9% protozoa dan beberapa bahan kimia seperti klorin, beberapa jenis pestisida dan pupuk. LifeStraw Steel tidak bisa menyaring garam dan tidak bisa digunakan untuk menyaring air laut atau air payau.

Setiap selesai menggunakan LifeStraw Steel, Anda dianjurkan untuk meniup melalui ujung sedotan untuk menggelontor air kotor keluar dari filter. Anda juga bisa menyedot air kemudian meniupnya kembali untuk membantu mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam filter. Buka tutup kedua ujung LifeStraw dan biarkan kering di suhu ruangan sebelum Anda menyimpannya di lemari. Jangan membongkar filter LifeStraw Steel dari casingnya, dan jangan mencuci LifeStraw menggunakan sabun.

Jika LifeStraw Steel Anda sudah pernah digunakan, dan kemudian berada di suhu yang membeku, air yang ada di dalam pori-pori bisa membeku dan merusak membran filter. Anda mungkin tidak bisa melihat kerusakan ini. Jadi jika LifeStraw Steel Anda sudah pernah digunakan, jangan biarkan LifeStraw Steel membeku. Saat berkemah atau pergi ke tempat-tempat dingin, berhati-hatilah supaya LifeStraw Steel tidak membeku

Ketika Anda menggunakan LifeStraw Steeluntuk pertama kalinya, atau ketika filter dalam keadaan kering setelah lama disimpan, akan butuh waktu sedikit lebih lama untuk mempersiapkan filter. Posisikan filter tercelup setengah badan selama 30 detik sebelum penggunaan untuk membasahi membran dan mempermudah air untuk lewat. Pastikan air kotor tidak terkena ujung atas sedotan.

Ya, kapsul karbon baru tersedia dan bisa dibeli di Tirta Buana Lestari.

Scroll to Top